Cara Mendesain Website Dengan GeneratePress

Cara Mendesain Website Dengan GeneratePress – Halo semuanya, kali ini Saya akan menjelaskan kepada kalian mengenai cara mendesain website dengan menggunakan tema GeneratePress. Namun kali ini Saya hanya menjelaskan konfigurasi dasar saja mengenai tema WordPress yang satu ini. Dan untuk mendesain website lebih lanjut, kalian bisa menggunakan plugin Elementor nantinya.

Pertama, masuk terlebih dahulu ke WP-Admin WordPress kalian dengan menggunakan username dan password kalian masing-masing.

Jika sudah berada di dashboard WordPress, kalian bisa masuk ke menu Appearance dan pilih Customize.

Cara Mendesain Website Dengan GeneratePress

Kita mulai di bagian Site Identity terlebih dahulu, kalian bisa sembunyikan Site Title dan Tagline untuk menggantikannya dengan logo yang kalian buat sendiri. Selanjutnya kalian upload file gambar logo website kalian. Kalian juga bisa crop gambar yang kalian upload, namun jika dirasa tidak perlu, maka langsung saja klik Skip Cropping. Jika gambar terlalu besar maka kalian bisa atur lebarnya sesuai dengan kebutuhan. Kalian juga bisa mengatur icon website kalian dan pastikan bahwa ukuran gambarnya adalah 512 pixel. Sama seperti sebelumnya, kalian upload saja file gambar yang sudah kalian buat sebelumnya. Jika kalian sudah atur icon website kalian, maka akan secara otomatis icon website kalian akan berubah.

Selanjutnya Kita setting pada tab Layout. Pertama, pilih Container dan pilih One Container pada Content Layout. Dan pada bagian Content Padding ubah Top dan Bottom nya menjadi 0. Dan ini berlaku untuk tampilan desktop dan tampilan mobile. Kedua, pilih Header dan aktifkan Mobile Header dengan memilih On. Pilih logo website kalian dan aktifkan Sticky Navigasi. Menu Sticky ini berguna untuk membuat menu menjadi fix ketika layar di scroll. Ketiga, pilih Primary Navigation. Kalian bisa mengaktifkan dengan memilih Enable pada Navigation Search. Yang mana nantinya pada menu website kalian akan terdapat tombol pencarian.

Keempat, pilih Sticky Navigation. Pilih On untuk mengaktifkan baik di mobile maupun pada desktop. Kalian juga bisa setting logo ketika menu Sticky ini aktif. Kelima, pilih Sidebars. Ubah semuanya menjadi No Sidebar agar kalian semakin leluasa mendesain website dengan menggunakan Elementor nantinya. Keenam, pilih Footer. Kalian bisa menyesuaikan jumlah Footer Widgets sesuai dengan kebutuhan kalian. Kalian juga bisa mengubah copyright website sesuai dengan keinginan kalian. Dan Kalian bisa menggunakan short code yang disediakan untuk membuat icon copyright dan juga tahun yang otomatis berubah sesuai tahun sekarang.

Mendesain Website Mudah Dengan GeneratePress

Selanjutnya Kita berpindah ke Colors untuk mengatur warna pada website kalian. Bagian Body digunakan untuk mengubah warna halaman website kalian. Jika kalian bingung dalam mencari warna yang cocok untuk website kalian, maka kalian bisa menggunakan warna-warna yang ada di internet. Untuk bagian Header digunakan untuk mengubah warna pada kepala website kalian atau website bagian atas. Bagian Primary Navigation digunakan untuk mengubah warna pada menu website kalian. Terakhir, untuk bagian Footer digunakan untuk mengubah warna pada footer website kalian, yang mana tempat copyright website kalian berada.

Selanjutnya Kita beralih ke bagian Typography, di bagian ini kalian bisa mengatur tulisan pada website kalian, baik itu jenis font nya, ukuran font dan yang lainnya. Di bagian Primary Navigation, kalian akan mengatur jenis tulisan pada menu website kalian. Dan di bagian Footer kalian bisa mengubah jenis tulisan pada copyright website kalian.

Untuk di bagian Background Image, kalian bisa mengubah latar belakang menggunakan gambar, baik itu pada header, body, footer dan yang lainnya.

Di bagian Menus, kalian bisa memilih menu mana yang akan kalian tampilkan pada website kalian. Jika kalian diminta untuk membuat menu, maka itu berarti kalian belum membuat menu sebelumnya. Kalian bisa membuat menu pada tab Appearance di WP-Admin WordPress kalian.

Untuk di bagian Widget, kalian bisa memilih widget yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Di bagian Homepage Settings, kalian bisa memilih halaman mana yang kalian jadikan sebagai halaman utama website kalian. Sedangkan untuk Post Page ini berfungsi sebagai halaman untuk menampung postingan WordPress yang kalian buat nantinya.

Dan untuk bagian Additional CSS, di sini kalian bisa menambahkan CSS custom jika kalian memiliki beberapa perubahan yang menggunakan CSS kalian sendiri.

Sekian penjelasan kali ini mengenai cara mendesain website dengan menggunakan tema GeneratePress. Jika kalian masih bingung, tonton saja video di bawah ini ya!

Customer Service
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service 1
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service 2
Available